LKS BIOLOGI BAB I REVISI
BAB I
RUANG LINGKUP BIOLOGI
Standar Kompetensi : Memahami hakekat biologi sebagai ilmu
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi ruang lingkup biologi
2.2 Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan ( molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma ).
RINGKASAN MATERI
Kajian Biologi
1. Biologi ( bios = hidup, logos = ilmu ) adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
2. Makhluk hidup memiliki karakteristik tersendiri jika dibanding dengan objek sains lainnya. Berikut ini adalah karakteirstik dasar makhluk hidup :
a. Makhluk hidup disusun oleh sel
b. Makhluk hidup mangalami pertumbuhan dan perkembangan
c. Makhluk hidup malakukan proses metabolisme
d. Makhluk hidup memberikan respon terhadap rangsang
e. Makhluk hidup melakukan reproduksi
f. Makhluk hidup mampu beradaptasi
3. Biologi terbagi atas banyak cabang ilmu, misalnya :
a. Botani ( tumbuhan )
b. Zoologi ( hewan )
c. Histologi ( mempelajari jaringan )
d. Sitologi ( mempelajari sel )
e. Taksonomi ( klasifikasi makhluk hidup )
f. Ekologi ( mempelajari tentang lingkungan )
g. Genetika ( pewarisan sifat )
h. Mikologi ( mempelajari jamur )
i. Morfologi ( bentuk luar tubuh organisme )
4. Ruang lingkup biologi mencakup berbagai tingkat organisasi kehidupan mulai dari tingkat yang paling sederhana hingga yang paling kompleks, yaitu :
a. Molekul
Setiap inti sel makhluk hidup memiliki molekul organik yang berperan mengendalikan struktur dan fungsi setiap sel. Inti sel juga membawa informasi genetik yang diturunkan yaitu DNA ( deoksiribonucleic acid ) dan RNA ( ribonucleic acid ).
b. Sel
Sel merupakan unit kehidupan yang terkecil. Makhluk hidup yang tersusun atas satu sel disebut organisme uniseluler dan makhluk hidup yang tersusun atas banyak sel disebut organisme multiseluler.
c. Jaringan
Jaringan merupakan kumpulan sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama.
d. Organ
Organ merupakan kumpulan jaringan dengan fungsi tertentu. Contoh organ dalam tubuh manusia antara lain jantung, paru-paru, dan lambung
e. Sistem Organ
Sistem organ disusun oleh organ-organ yang saling berinteraksi dalam melaksanakan fungsi di dalam tubuh. Contoh sistem peredaran darah manusia, terdiri atas jantung, dan pembuluh darah.
f. Individu/organisme
Interaksi antar sistem organ yang membentuk satu tubuh makhluk hidup.
g. Populasi
Kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah tertentu.
h. Komunitas
Kumpulan populasi dari berbagai species yang tinggal bersama dan saling berinteraksi satu sama lain disuatu habitat. Contohnya, komunitas padang rumput, yang terdiri dari populasi rumput, populasi belalang, populasi kupu-kupu, populasi cacing tanah, populasi alang-alang, dan sebagainya.
i. Ekosistem
Interaksi antarkomunitas dan antara komunitas dengan lingkungan abiotiknya.
j. Bioma
Interaksi antarekosistem yang wilayah yang luas. Contohnya bioma tundra (padang lumut), bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput, dan bioma padang pasir. Jadi, bioma terdiri dari ekosistem-ekosistem.
k. Biosfer ( ekosistem dunia )
Interaksi antar bioma yang membentuk lapisan kehidupan di bumi.
Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah
1. Seorang peneliti biologi harus memiliki keterampilan proses sebagai berikut :
a. Melakukan pengamatan ( observasi )
Pengamatan kuantitatif : data diukur dengan alat ukur.
Pengamatan kualitatif : data tak dapat diukur, pengamatan dengan indra.
b. Membuat daftar pertanyaan untuk merumuskan masalah.
Pertanyaan : apa, bagaimana, di mana, kapan, siapa, mengapa.
c. Menggolongkan objek biologi berdasarkan ciri-ciri tertentu.
d. Menafsirkan data hasil pengamatan (mendeskripsikan data, menyajikan data—tabel/grafik/bagan/gambar/tulisan—dan menjelaskan data).
e. Memprediksikan suatu peristiwa berdasarkan data yang ada sebelumnya.
f. Mengidentifikasi variabel.
Variabel bebas (variabel manipulasi) : faktor yang dibuat bervariasi.
Variabel terikat (variabel respon) : faktor yang muncul akibat variabel bebas
Variabel kontrol : faktor lain yang ikut berpengaruh yang dibuat sama.
2. Penelitian biologi dilakukan melalui tahapan metode ilmiah sebagai berikut :
a. Mengumpulkan keterangan / data (melalui pengamatan / observasi)
b. Menemukan dan merumuskan masalah
c. Merumuskan hipotesis, yaitu jawaban sementara atas masalah berdasarkan teori dan fakta.
Hipotesis alternatif : menyatakan ada pengaruh antara variabel bebas dan variabel
terikat.
Hipotesis nol : menyatakan tidak ada pengaruh antara variabel bebas dan variabel
terikat.
d. Melakukan eksperimen (percobaan)
e. Menganalisis data hasil eksperimen.
f. Menarik kesimpulan.
g. Menulis laporan lengkap penelitian ilmiah yang telah dilakukan.
3. Laporan penelitian sangat penting karena selain sebagai dokumentasi juga berfungsi sebagai alat komunikasi hasil penelitian dengan pihak lain. Berikut ini adalah salah satu sistematika laporan penelitian.
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan Penelitian
D. Manfaat Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Kajian Teori / Tinjauan Pustaka
B. Kajian dan Hasil Penelitian (bila ada)
C. Rumusan Hipotesis
BAB III METODE PENELITIAN
A. Variabel dan Definisi Operasional Variabel
B. Rancangan Penelitian
C. Sasaran Penelitian ( Populasi dan Sampel )
D. Instrumen (Alat dan Bahan)
E. Prosedur Pelaksanaan Penelitian
F. Rencana Analisis Data
G. Jadwal Penelitian
BAB IV DATA DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Data
B. Interpretasi Data
C. Uji Hipotesis
D. Pembahasan
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
4. Seorang peneliti harus memiliki sikap ilmiah sebagai berikut ;
1. Rasa ingin tahu yang tinggi
2. Jujur
3. Objektif
4. Berfikir secara terbuka
5. Memiliki kepedulian
6. Teliti
7. Tekun
8. Berani dan santun
Manfaat dan bahaya perkembangan Biologi
· Biologi telah menolong manusia di dunia dari berbagai malapetaka seperti wabah penyakit dan kelaparan. Dengan biologi, ilmuwan mengetahui bagaimana penyakit dapat menyebar dan menular sehingga memudahkan cara menanggulangi dan memberantas penyakit tersebut. Melalui pengetahuan biologi juga telah ditemukan berbagai macam obat-obatan antibiotik, penemuan bibit unggul, cara menanam, cara pemeliharaan, pemberantasan hama dengan menggunakan hama transgenik. Pengetahuan biologi juga mengajarkan kepada kita cara menjaga dan melestarikan flora dan fauna, melestarikan penyediaan bahan makanan pokok yang berasal dari hewan maupun tumbuhan, juga penyediaan sandang.
· Namun dengan pengetahuan biologi pula, manusia memanfaatkan kekayaan alam tanpa memperhatikan keutuhan ekosistem, yang menyebabkan tatanan lingkungan rusak dan mengakibatkan banjir. Demikian juga penggunaan bibit unggul mengakibatkan berkurangnya keanekaragaman hayati. Penggunaan pestisida dalam waktu lama menyebabkan hama menjadi resisten dan sisa pestisida mencemari lingkungan.
· Oleh karena itu, kemajuan biologi yang demikian pesatnya harus diimbangi dengan iman dan takwa, juga rasa peduli lingkungan dan sesama, sehingga tidak disalah gunakan ( Raven et al. 2005;Solomon et al. 2005 ).
LEMBAR KERJA KEGIATAN I.I
MEMBUAT KLIPING ARTIKEL BIOLOGI
I. KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
II. PENGALAMAN BELAJAR
Membuat kliping berbagai artikel yang membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan Biologi
III. ALAT DAN BAHAN
1. Artikel Biologi dari media cetak (misalnya dari koran atau majalah)
2. Kertas HVS
3. Kertas sampul
4. Lem
IV. LANGKAH KERJA
1. Buatlah kliping dari berbagai artikel (minimal 3 artikel) yang memuat hal-hal yang berkaitan dengan ilmu biologi.
2. Pada setiap akhir artikel sertakan tulisanmu yang memuat tentang
a. Topik artikel
b. Manfaatnya bagi masyarakat
c. Cabang biologi yang berkaitan
d. Ringkasan singkat
3. Jilidlah semua hasil kliping beserta tulisanmu.
4. Pilihlah satu topik yang menarik, presentasikan di depan kelas dan adakan diskusi kelas.
V. DATA HASIL KEGIATAN
Contoh bentuk kliping
Artikel
Judul :
Topik :
Manfaat :
Cabang Biologi:
Ringkasan :
VI. ANALISIS DATA HASIL KEGIATAN
1. Topik Biologi apa saja yang termuat dalam hasil klipingmu ?
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Cabang ilmu Biologi apa saja yang berkaitan dengan hasil klipingmu ?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Apakah ilmu biologi memberikan sumbangan yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan hidup manusia ? Jelaskan !
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Apakah ilmu Biologi juga menimbulkan dampak negatif ? Tuliskan contohnya dan cara penanggulangannya !
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Tuliskan cabang Biologi yang menarik bagimu. Jelaskan alasanmu !
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
VII. KESIMPULAN
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
PENILAIAN PSIKOMOTORIK
No | Kriteria Penilaian | Skor Maksimal |
1 | Kelengkapan bahan artikel | 4 |
2 | Bekerja sesuai prosedur | 4 |
3 | Kemampuan membuat kliping | 4 |
4 | Kemampuan menganalisis artikel | 4 |
5 | Kemampuan mempresentasikan hasil kliping | 4 |
| Jumlah Skor Maksimal | 20 |
PENILAIAN AFEKTIF
No | Kriteria Penilaian | Skor Maksimal |
1 | Kedisiplinan | 4 |
2 | Ketelitian | 4 |
3 | Kerapian | 4 |
4 | Kebersihan | 4 |
5 | Kerja sama dalam kelompok | 4 |
| Jumlah Skor Maksimal | 20 |
Nilai = X 100 |
LEMBAR KERJA KEGIATAN I.2
MERENCANAKAN PENELITIAN ILMIAH (EKSPERIMEN), MENYUSUN PROPOSAL PENELITIAN, DAN MENYUSUN LAPORAN HASIL PENELITIAN
I. KOMPETENSI DASAR
Mengidentifikasi ruang lingkup Biologi
II. PENGALAMAN BELAJAR
Merencanakan penelitian ilmiah (melakukan eksperimen), menyusun proposal penelitian, menganalisa data hasil penelitian, serta dapat menyusun laporan hasil penelitian.
III. PETUNJUK KERJA
a. Setiap siswa membuat satu judul penelitian
b. Sebelum melakukan penelitian buatlah proposal penelitian terlebih dahulu
c. Lakukan penelitian sesuai prosedur kerja yang tertulis dalam proposal yang telah kalian buat
d. Setelah penelitian selesai buatlah laporan penelitian
e. Kumpulkan laporan penelitian sesuai waktu yang sudah ditentukan.
IV. ANALISIS DATA HASIL PENGAMATAN
1. Bagaimana rumusan masalah dari percobaan yang telah kalian buat ?
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
2. Rumuskan hipotesis sesuai penelitian yang kalian lakukan !
_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
3. Tentukan :
a. Variabel bebas
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
b. Variabel terikat
_______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
c. Variabel kontrol
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________-________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
4. Apakah data yang Anda kumpulkan mendukung pengujian hipotesis?
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
5. Berilah alasan-alasan yang tepat data yang terjadi pada hasil eksperimen dari berbagai sumber !
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
6. Bagaimana kesimpulan dari eksperimen yang anda buat ?
_____________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
PENILAIAN PSIKOMOTOR
No | Keterampilan yang dinilai | Skor Maksimal |
1 | Merumuskan masalah | 10 |
2 | Mengidentifikasi variabel-variabel | 10 |
3 | Mengidentifikasi variabel bebas | 10 |
4 | Mengidentifikasi variabel terikat | 10 |
5 | Mengidentifikasi variabel kontrol | 10 |
6 | Merumuskan hipotesis | 10 |
7 | Melakukan pengamatan kualitatif dengan benar | 5 |
8 | Melakukan pengamatan kuantitatif dengan benar | 5 |
9 | Merekam dan mengorganisasikan data dengan tepat dan rapi | 10 |
10 | Menganalisis dan menyimpulkan data | 10 |
11 | Melakukan eksperimen sesuai prosedur | 10 |
| Jumlah skor maksimal | 100 |
PENILAIAN AFEKTIF
No | Kriteria Penilaian | Skor Maksimal |
1 | Tanggung jawab | 20 |
2 | Kedisiplinan / tepat waktu | 20 |
3 | Ketelitian | 20 |
4 | Kerja sama dalam kelompok | 20 |
5 | Kebersihan dan kerapian | 20 |
| Jumlah skor maksimal | 100 |
Nilai = X 100 |
EXERCISE I
Complete the following statements
1. Biology is derivet from the word _________________that means _____________________ and ___________________ that means ___________________________, so in overall, biology means ______________________________________________________________
2. The study of biology has advanced so fast and gives birth to many new disciplines of studies. The following are some disciplines of biology and their object of study.
a. Taxonomi studies _________________________________________________________
b. Cytology studies __________________________________________________________
c. Zoology studies __________________________________________________________
d. Embryology studies _______________________________________________________
e. Microbiology studies ______________________________________________________
3. The discipline of biology that studies human heart is _____________________; studies virus is ____________________; studies fungus is ______________________; studies human nerves is ________________________; and studies technology utilizing microorganism is ______________________________.
4. The levels of life organization from the amallest to the biggest scope in oerder are _______, _____________________, _______________________, ___________________________, _____________________, _______________________, ___________________________, _____________________, and ______________________________.
5. Steps or syatematic methods that are used by scientists to solve scientific problems are called ____________________________. It is composed of four steps : _______________, ___________________, ______________________, _______________________, and ___________________________.
6. Two pots of plants are put next to a window. Plant A is watered everyday, while plant B three times a day. One month later, one of the plant dies. Make a hypothesis regarding the event.
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
7. A student does research on peanut plant by planting it on three different squares of soil having the same size. The first square is given compst from cattle dung, the second is given NPK fertilizer, and the third is given nothing. All three squares get the same light intensity and water. During harvest, peanuts from every square are harvested and the weight is measured.
From statement above, determine :
a. The title of experiment
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
b. Formulating a problem
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
c. Proposing a Hypothesis
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
d. Independent variable
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
e. Dependent variable
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
f. Control variable
________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
Nilai =
Studi Kasus
Seorang siswa mencoba melakukan percobaan pembuatan tempe dengan menggunakan kedelai varietas A, B, dan C. jenis jamur yang digunakan adalah Rhizopus oryzae dengan dosis yang sama untuk ketiganya. Setelah itu ia membandingkan tekstur ketiga tempe yang dihasilkan.
Berdasarkan kasus di atas, tentukan :
a. Judul dari percobaan di atas
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
b. Rumusan masalah
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
c. Rumusan Hipotesa
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
d. Variabel bebas pada percobaan di atas
____________________________________________________________________________________________________________________________________________________
e. Variabel kontrol pada percobaan di atas
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
f. Variabel terikat dari percobaan di atas
______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________
NILAI =
kelompok 7 kelas X-2:
- Salsabilla Fajar R
- Elga Harista
- Luthfan Andi P
- Ilham surya saputra
Perokok yang lebih berbahaya adalah perokok PASIF :
Perokok pasif merupakan seorang penghirup asap rokok dari orang yang sedang merokok. Akibatnya lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif. Bahkan bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif.
Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. "Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan."
Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.
Kel.6 x-2
•Burhanuddin Ahmad
•Izzudin Saifullah
•Dendys Aji K
•Rifki Linggar P
Perokok Pasif lebih berbahaya daripada perokok aktif, karena perokok pasif menghirup lebih banyak penyakit daripada perokok aktif, karena jika perokok pasif menghirup udara tersebut maka penyakit dari sang perokok aktif akan juga ikut terhirup oleh perokok pasif. karena sang perokok aktif menghisap asap rokok dan yang dikeluarkan adalah adap rokok yang telah bercampur dengan penyakit perokok tersebut, maka perokok pasif juga bisa tertular penyakit.
kel. 6 x-5
- chafid ardiansyah
- muhammad agbi
- prayoga miftahul
- dewi agnia sari
Perokok pasif : orang yang tidak merokok, tapi berada di sekitar orang yang merokok. dia menghirup asap tidak langsung dari rokok dan tanpa melalui filter.
kasusnya adalah:
orang yang perokok aktif juga pasti adalah perokok pasif.
karena ketika ia sedang merokok maka disebut perokok aktif, namun ketika ia tidak sedang merokok dan berada disekitar orang yang merokok maka ia disebut sebagai perokok pasif. atau ketika ia sedang merokok pasti ada saat dimana asap rokok terhirup langsung tanpa melewati filter, maka ia disebut pula sebagai perokok pasif.
Ibaratnya :
perokok pasif saja = 2
perokok aktif = aktif + pasif = 1 +2 = 3
jadi perokok pasif lebih berbahaya dari pada perokok aktif
kelompok 2
X-5
~ Amadea Gracia C.
~ Fenny Eka J.
~ Radhia maya R.
~ Meirina Damayanti
Perokok pasif merupakan seorang penghirup asap rokok dari orang yang sedang merokok. Akibatnya lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif.Perokok pasif lebih rentan terkena penyakit karena di dalam rokok mengandung zat-zat berbahaya bagi tubuh,dan menyebabkan penyakit pernafasan.
Tar Dalam tubuh manusia, tar memicu terjadinya iritasi paru-paru dan kanker.
Dalam tubuh perokok pasif, tar akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.
Nikotin Dalam tubuh manusia menimbulkan efek adiksi atau candu yang memicu peningkatan konsumsi.
Dalam tubuh perokok pasif, nikotin akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.
Karbon Monoksida Merupakan gas berbahaya yang dapat menurunkan kadar oksigen dalam tubuh. Pengikatan oksigen oleh karbon monoksida inilah yang kemudian memicu terjadinya penyakit jantung.
Dalam tubuh perokok pasif, gas berbahaya ini akan terkonsentrasi tiga kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.
Bahan kimia berbahaya Berupa gas dan zat berbahaya yang jumlahnya mencapai ribuan. Di tubuh manusia, bahan kimia berbahaya ini meningkatkan risiko penyakit kanker.
Dalam tubuh perokok pasif, bahan kimia berbahaya ini akan terkonsentrasi 50 kali lipat dibandingkan dalam tubuh perokok aktif.
kesimpulannya,perokok pasif lebih berbahaya karena menghirup asap rokok yang mengandung zat-zat berbahaya bagi kesehatan dan organ-organ pernafasan.
Kelompok 1
X-9
1.Diar Pasahari
2.iqbal nasrullah
3.veda
4.annisa jarizky
5.Novia putri
Perokok yang lebih berbahaya adalah perokok PASIF , mengapa?
Sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang di sekelilingnya.
Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. "Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan."
Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.
Nama Kelompok : Aditya, Andy, Andrio, dan Mas Aji
Kelas : X-5
perokok pasif lebih berbaya daripada perokok aktif karena perokok pasif tidak dapat membentuk mekanisme pertahanan dalam tubuh tidak seperti perokok aktif, oleh karena itu perokok pasif lebih rentan terkena kanker bibir, kanker paru-paru, dan kanker tenggorokan daripada perokok aktif.
Nama kelompok :
~ Lia Puji L.
~ Regina Dwi F.
~ Rizqy Ali
~ Gamma Kusuma
Kelas : X-5
Zat yang terkandung dalam asap rokok yang dihisap perokok pasif adalah : 2 kali lebih banyak nikotin, 5 kali lebih banyak karbon monoksida, 3 kali lebih banyak tar, 50 kali lebih zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan.
menghirup rokok orang lain ( perokok pasif ) lebih berbahaya di bandingkan menghisap rokok sendiri ( perokok aktif ) , bahkan bahayanya yang harus ditanggung oleh perokok pasif .
Konsentrasi zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap.
nama : putri daniella natalia leatemia
kelas : X-3
absen : 28
Perokok pasif adalah seorang yang menghirup asap rokok dari orang yang sedang merokok. Akibatnya lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif. bahaya yang harus ditanggung perokok pasif tiga kali lipat dari bahaya perokok aktif.
sebanyak 25 persen zat berbahaya yang terkandung dalam rokok masuk ke tubuh perokok, sedangkan 75 persennya beredar di udara bebas yang berisiko masuk ke tubuh orang yang ada di sekeliling kita.
zat berbahaya di dalam tubuh perokok pasif lebih besar karena racun yang terhisap melalui asap rokok perokok aktif tidak terfilter. Sedangkan racun rokok dalam tubuh perokok aktif terfilter melalui ujung rokok yang dihisap. "Namun konsentrasi racun perokok aktif bisa meningkat jika perokok aktif kembali menghirup asap rokok yang ia hembuskan."
Racun rokok terbesar dihasilkan oleh asap yang mengepul dari ujung rokok yang sedang tak dihisap. Sebab asap yang dihasilkan berasal dari pembakaran tembakau yang tidak sempurna.
perokok aktif adalah seorang yang langsung menghisap asap rokok dari putung rokok itu sendiri
kelas x-8
~ syakir, fajar dan lain - lain
perokok pasif lebih berbaya daripada perokok aktif karena perokok pasif tidak dapat membentuk mekanisme pertahanan dalam tubuh tidak seperti perokok aktif, oleh karena itu perokok pasif lebih rentan terkena kanker bibir, kanker paru-paru, dan kanker tenggorokan daripada perokok aktif.